Sejarah

PENDIRI YPLP PT PGRI JEMBER

 (Berdiri Pada Tanggal 25 Mei 1985)

 

Akta Notaris Johanes Boentaran Santoso, SH No.7 Tanggal 11 Juni 1985

 

  1. Mochammad Syari’in
  2. Apipah Soekardjo, M.Pd.
  3. Muhammad Ali Basyar
  4. H.A. Fatah Mustafa
  5. Drs. Ida Bagus Alit Ana, S.H.
  6. Badeyan
  7. Kaelan Dwijiwojoto
  8. A. Saban W.S.
  9. Mintargo Sastro Winarto

 

PENGURUS YPLP.PT PGRI JEMBER

 

Periode Pertama (1985 – 1990)

Akta Notaris Johannes Boentaran Santoso, SH No. 7 Tanggal 11 Juni 1985

Ketua                          :  Dra. Apipah Soekardjo

Wakil Ketua              :  Drs. Ida Bagus Alit Ana

Sekretaris                  :  H.A.  Saban W.S.

Wakil Sekretaris      :  Drs. Badeyan

Bendahara                :  Drs. A.Fatah Mustafa

Anggota                     :  Drs. H. K. Dwijowijoto

Drs. Mintargo Sastro Winarto

 

Periode Kedua  (1992 – 1997)

Akta Notaris Johannes Boentaran Santoso, SH No. 3 Tanggal 8 Januari 1992

 

Ketua                          :  Drs. Ida Bagus Alit Ana

Wakil Ketua              :  Drs. Ali Syamsuddin

Sekretaris                  :  H.A.  Saban W.S.

Wakil Sekretaris      :  Drs. H. K. Dwijowijoto

Bendahara                :  Drs. Muljono

Anggota                     :  Drs. A.Fatah Mustafa

Drs. Mintargo Sastro Winarto

Dra. Apipah Soekardjo

 

Periode Ketiga  (1997 – 2002)

Berubah nama menjadi PPLP PT PGRI Jember

Akta Notaris Johannes Boentaran Santoso, SH No. 3 Tgl 10 Desember 1997

 

Ketua                          :  Drs. A.Fatah Mustafa

Wakil Ketua               :  Drs. Ali Syamsudin

Sekretaris                   :  H.A.  Saban W.S.

Wakil Sekretaris       :  Drs. H. K. Dwijowijoto

Bendahara                 :  Drs. Muljono

Anggota                      :  Drs. Ida Bagus Alit Ana

   Dra. Apipah Soekardjo

                                      Drs. Badeyan

 

Periode Keempat  (2004 – 2009)

Akta Notaris Achmad Mut Har, SH No. 11 Tanggal 14 Juni 2007

Pengawas                   :  Prof. Drs. Ida Bagus Alit Ana, S.H.

Drs. H. Badijan, M.Si

Ketua                          :  Drs. H. A.Fatah Mustafa

Wakil Ketua               :  Drs. Ali Syamsudin

Sekretaris                   :  Drs. H. M. Yasin Raminto

Bendahara                  :  Drs. Muljono, M.Pd

Anggota                      :  Drs. H. Makmuri, M.Pd

Firmansyah, S.H. M.Si

 

Periode Kelima (2009 – 2014)

Akta Notaris Achmad Mut Har, SH Nomor 28 Tanggal 26 April 2010

Pengawas                    :  Prof. Drs. Ida Bagus Alit Ana, S.H.

Drs. H. Makmuri, M.Pd

Ketua                           :  Drs. H. A.Fatah Mustafa

Wakil Ketua               :  Drs. Ali Syamsudin

Sekretaris                   :  Firmansyah, S.H.

Bendahara                  :  Drs. Muljono, M.Pd

Anggota                      :  Drs. H. Badijan, M.Si

 

 Sejarah IKIP PGRI Jember dan PPLP PT PGRI Jember

 

Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia atau yang disingkat PPLP PT PGRI di Jember telah berdiri sejak tanggal 25 Mei 1985, dan pada saat itu bernama YPLP PT PGRI Jember. Adapun proses pendirianya tidak terlepas dari keberadaaan IKIP PGRI Surabaya, STKIP PGRI Jember, Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Anggota DPRD Jember, dan Pejabat Dinas Pendidikan Jember serta Pengurus Organisasi Masyarakat yang menjabat saat itu. Dasar berdirinya YPLP PT PGRI Jember adalah Pancasila dan UUD 1945. Tujuannya adalah ikut membangun Nation dan Character Building serta, (1) membantu masyarakat dan pemerintah dalam usaha memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban umum berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, (2) membantu masyarakat dan pemerintah dalam usaha melaksanakan program pembangunan bangsa menuju perwujudan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, dan (3) mengelola mengembangkan dan membina lembaga pendidikan nasional yang mengembangkan misi dan identitas PGRI.

Pada Tahun 1979, berawal dari adanya rencana untuk meningkatkan kualitas guru-guru Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Jember, muncullah ide untuk mendirikan sebuah Perguruan Tinggi di Kabupaten Jember. Pemikiran tersebut digagas oleh  Drs. Soedarnon S.A (Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kabupaten Jember) dan Drs. Badijan (Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Jember). Sebagai langkah awal, Drs. Badijan membicarakan rencana pendirian Perguruan Tinggi kepada Drs. Halim Nasir (Ketua PGRI cabang Jember). Rencana tersebut mendapat dukungan pengurus PGRI.  Pada 15 Agustus 1979, Pengurus PGRI Cabang Daerah Tingkat II Kabupaten Jember  mengajukan permonan ijin pendirian IKIP PGRI Jawa Timur cabang Jember, kepada Kopertis Wilayah VII Jawa Timur melalui Yayasan IKIP PGRI Jawa Timur di Surabaya dengan surat No : 254/IV.A.I/7/79.

 

 

Berdasarkan permohonan dari Yayasan IKIP PGRI Jawa Timur di Surabaya, kemudian Rektor IKIP PGRI Jawa Timur di Surabaya menerbitkan SK Rektor IKIP PGRI Jawa Timur  No. 090/R/IKIP-PGRI/IX/1979 tertanggal 20 September 1979. Dengan diterbitkannya SK Rektor tersebut, maka berdirilah IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember tepatnya pada tanggal 20 September 1979.  Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, Drs. Soedarnon S.A ditetapkan sebagai Koordinator IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember. Sebagai perwujudan keseriusan mendirikan Perguruan Tinggi, kepengurusan IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember disusun sebagai berikut :

 

PENGURUS IKIP PGRI JAWA TIMUR CABANG JEMBER Tahun 1979

Koordinator                :  Drs. Soedarnon, S.A.

Wakil Koordinator    :  Drs. Halim Natsir

Sekretaris                    :  Drs. Hafi Ansori

Bendahara                   :  Dra. Apipah Soekardjo

 

Setelah dibentuk kepengurusan, perjuangan untuk mengembangkan Perguruan Tinggi terus dilakukan. Upaya perekrutan dosen, perekrutan tenaga administrasi, pembangunan sarana dan prasarana perkuliahan merupakan tugas yang harus dilakukan berikutnya. Kondisi tahun 1979, merupakan kondisi yang sulit karena minimnya sarana prasarana perkuliahan, gedung, dan perkantoran. Meski demikian, jajaran pengurus terus berupaya aktif mencari solusi untuk mengatasi minimya sarana perkuliahan. Upaya yang dilakukan tidak sia – sia,  H. Moch. Syari’in (Ketua DPD Golkar Jember) melalui pembicaraan dengan Drs. Halim Natsir menyatakan sanggup untuk mendirikan dan membangun gedung perkuliahan serta memberikan modal operasional awal untuk kegiatan IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember.  Dari kondisi inilah keyakinan muncul kembali bahwa IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember akan dapat dilaksanakan dengan baik.  Pada Awal berdiri, IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember, mendaftarkan calon mahasiswa sekitar 600 orang. Mahasiswa yang sudah direkrut, untuk sementara kuliah di beberapa tempat, terutama pinjam gedung sekolah  Dasar dibeberapa kecamatan, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut tentang usaha pembangunan fisik gedung perkuliahan.

IKIP PGRI Jawa Timur Cabang  Jember makin berkembang, bantuan dari berbagai pihak terus mengalir, IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember mendapatkan hibah gedung berlantai dua dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jember. Pada tahun 1981,  IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember mendapatkan ijin operasional sebagai Perguruan Tinggi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan status Terdaftar dalam surat tertanggal 22 Juni 1981 Nomor. 03910/1981.  Turunnya Ijin operasional tidak terlepas dari peranan Drs. Ali Basyar (Rektor IKIP PGRI Jawa Timur), Drs. Soedarnon, S.A. (Koordinator IKIP PGRI Jawa Timur di Jember) dan   Koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Perjalanan waktu Empat tahun kemudian,  berdasarkan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, tertanggal 18 februari 1985 No.070/Q/1985, IKIP PGRI Jawa Timur Cabang Jember, telah berdiri sendiri dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jember, yang bernaung dibawah yayasan peyelenggara yaitu: Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia atau yang disingkat dengan YPLP PT PGRI Jember. Dengan demikian telah dinyatakan resmi berdirinya YPLP PT PGRI Jember, tepatnya pada tanggal 25 Mei 1985 berdasarkan Akta Notaris No.7, dari notaris Buntaran Santoso SH yang dikeluarkan pada tanggal 11 Mei 1985.

Berdasarkan supervisi kopertis wilayah VII Surabaya, maka STKIP PGRI Jember  dapat ditingkatkan statusnya menjadi IKIP PGRI Jember dengan SK kopertis Wilayah VIII Surabaya No. 019/Q/1986 tanggal 30 Januari 1986, tentang persetujuan sementara ijin operasional IKIP PGRI Jember. Perjalanan panjang telah dilalui hingga saat ini telah memiliki status terakreditasi terhadap program studi yang dikelola oleh IKIP PGRI Jember, terdiri dari 3 (tiga) fakultas dengan 8 (delapan) program studi yaitu:

 

 

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

  • Program Studi Bimbingan Konseling (BK)
  • Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  • Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FP MIPA)

  • Program Studi Pendidikan Matematika (PM)
  • Program Studi Pendidikan Biologi (PB)

Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP IPS)

  • Program Studi Pendidikan Sejarah (PS)
  • Program Studi Pendidikan Ekonomi (PE)
  • Program Studi Pendidikan Moral Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn)

Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran (TEP)

 

Seiring dengan perkembangan IKIP PGRI Jember, maka pada tanggal 10 Desember 1997, berdasarkan Akta Notaris No. 3 Notaris Johanes Boentaran Santoso, SH, maka YPLP PT PGRI Jember telah berbah nama menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Jember, yang disingkat dengan PPLP.PT PGRI Jember.        Kemudian pada tahun 2011, tepatnya pada tanggal 04 Maret 2011, mendapatkan status badan hukum  melalui SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor. AHU – 37 AH. 01.06. Tahun 2011 dengan nama Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Jember atau yang disingkat PPLP.PT-PGRI.J yang berkedudukan di jln Jawa 10 Jember, dengan menaungi 3(tiga) Perguruan Tinggi di bawahnya yaitu IKIP PGRI Jember, Akademi Akuntansi PGRI Jember, dan Akademi Peternakan PGRI Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *