Syarat dan Prosedur Pendaftaran

SYARAT DAN PROSEDUR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU IKIP PGRI JEMBER

TAHUN AKADEMIK 2017/2018

 1. Pendaftaran mahasiswa Jalur Prestasi Akademik (JPA) dan Jalur Minat Bakat (JMB)

Syarat  Jalur Prestasi Akademik (JPA):

  1. Memiliki Nilai Raport kelas X – XII memiliki nilai rata – rata 7 (foto copy raport)
  2. Ijasah atau surat keterangan lulus SMA/SMK (foto copy)
  3. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Softcopy foto berwarna 3×4 (dalam bentuk CD)
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran
  6. Lolos tes tulis dan tes wawancara di IKIP PGRI Jember

Syarat Jalur Minat Bakat (JMB) :

  1. Memiliki prestasi di bidang non akademik (olah raga, seni) (foto copy sertifikat)
  2. Ijasah atau surat keterangan lulus SMA/SMK (foto copy)
  3. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Softcopy foto berwarna 3 x 4 (dalam bentuk CD)
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran
  6. Lolos tes minat bakat, tes tulis dan tes wawancara di IKIP PGRI Jember

 

Penerimaan mahasiswa baru dengan Jalur Prestasi Akademik (JPA) dan Jalur Minat Bakat (JMB) memiliki prosedur sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa mendaftar pada Tim Seleksi JPA dan JMB dengan melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan jalur yang dipilih (lihat pada bagian Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru IKIP PGRI Jember)
  2. Tim Seleksi JPA dan JMB melakukan proses seleksi berkas (Desk Evaluation) dan Seleksi Prestasi Akademik dan Minat Bakat
  3. Setelah dilakukan seleksi, tim seleksi JPA dan JMB mengambil keputusan. Apabila calon mahasiswa lolos seleksi, maka diarahkan pada bagian pendaftaran untuk mendaftar Jalur Prestasi Akademik (JPA) atau Jalur Minat Bakat (JMB). Apabila calon mahasiswa tidak lolos seleksi, maka diarahkan pada bagian pendaftaran untuk mendaftar Jalur Mahasiswa Reguler (JMR)
  4. Bagian Pendaftaran memberikan nomer pendaftaran; formulir pendaftaran (langsung diisi calon mahasiswa dan dikembalikan pada bagian pendaftaran); dan formulir daftar ulang pada calon mahasiswa.
  5. Seluruh berkas yang sudah lengkap dan lolos secara administrasi dari calon mahasiswa dikembalikan pada yang bersangkutan untuk diajukan sebagai syarat daftar ulang
  6. Calon mahasiswa mengisi formulir daftar ulang
  7. Kegiatan dilanjutkan pada proses registrasi bank

2. Pendaftaran Jalur Putra Putri Guru (JPPG)

Syarat Jalur Putra Putri Guru (JPPG):

  1. SK Orang Tua sebagai Guru (foto copy)
  2. Kartu Keluarga (foto copy)
  3. Ijasah atau surat keterangan lulus SMA/SMK (foto copy)
  4. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  5. Softcopy foto berwarna 3 x 4 (dalam bentuk CD)
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran
  7. Lolos tes tulis dan tes wawancara di IKIP PGRI Jember

 

Penerimaan mahasiswa baru dengan Jalur Putra Putri Guru (JPPG) memiliki prosedur sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa mendaftar pada bagian pendaftaran dengan melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan jalur yang dipilih (lihat pada bagian Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru IKIP PGRI Jember)
  2. Bagian pendaftaran melakukan cek terhadap berkas calon mahasiswa sesuai dengan syarat pada jalur yang dipilih
  3. Setelah dilakukan pengecekan berkas, bagian pendaftaran mengambil keputusan. Apabila berkas sesuai dengan syarat jalur, maka bagian pendaftaran memberikan nomer pendaftaran; formulir pendaftaran; dan formulir daftar ulang pada calon mahasiswa. Apabila berkas belum sesuai dengan syarat jalur, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi
  4. Seluruh berkas yang sudah lengkap dan lolos secara administrasi dari calon mahasiswa dikembalikan pada yang bersangkutan untuk diajukan sebagai syarat daftar ulang
  5. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran
  6. Kegiatan dilanjutkan pada proses seleksi

3. Pendaftaran Jalur Mahasiswa Reguler (JMR)

Syarat Jalur Mahasiswa Reguler (JMR):

  1. Ijasah atau surat keterangan lulus SMA/SMK (foto copy)
  2. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Softcopy foto berwarna 3 x 4 (dalam bentuk CD)
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran
  5. Membayar biaya pendaftaran Rp. 250.000
  6. Lolos tes tulis dan tes wawancara di IKIP PGRI Jember

Penerimaan mahasiswa baru dengan Jalur Mahasiswa Reguler (JMR) memiliki prosedur sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa mendaftar pada bagian pendaftaran dengan melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan syarat jalur yang dipilih.
  2. Bagian pendaftaran melakukan cek terhadap berkas calon mahasiswa sesuai dengan syarat pada jalur yang dipilih
  3. Setelah dilakukan pengecekan berkas, bagian pendaftaran mengambil keputusan. Apabila berkas sesuai dengan syarat jalur, maka bagian pendaftaran memberikan nomer pendaftaran; formulir pendaftaran; dan formulir daftar ulang pada calon mahasiswa. Apabila berkas belum sesuai dengan syarat jalur, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi
  4. Seluruh berkas yang sudah lengkap dan lolos secara administrasi dari calon mahasiswa dikembalikan pada yang bersangkutan untuk diajukan sebagai syarat daftar ulang
  5. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran pada Biro Administrasi Keuangan (BAK) IKIP PGRI Jember dan memperoleh kwitansi pembayaran pendaftaran
  6. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran
  7. Kegiatan dilanjutkan pada proses seleksi

 

4. Pendaftaran Jalur Mahasiswa Khusus (JMK)

Syarat Jalur Mahasiswa Khusus (JMK):

  1. Ijasah atau surat keterangan lulus SMA/SMK (foto copy)
  2. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Softcopy foto berwarna 3 x 4 (dalam bentuk CD)
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran
  5. Membayar biaya pendaftaran Rp. 250.000

Penerimaan mahasiswa baru dengan Jalur Mahasiswa Khusus (JMK) memiliki prosedur sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa mendaftar pada bagian pendaftaran dengan melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan jalur yang dipilih (lihat pada bagian Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru IKIP PGRI Jember)
  2. Bagian pendaftaran melakukan cek terhadap berkas calon mahasiswa sesuai dengan syarat pada jalur yang dipilih
  3. Setelah dilakukan pengecekan berkas, bagian pendaftaran mengambil keputusan. Apabila berkas sesuai dengan syarat jalur, maka bagian pendaftaran memberikan nomer pendaftaran; formulir pendaftaran; dan formulir daftar ulang pada calon mahasiswa. Apabila berkas belum sesuai dengan syarat jalur, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi
  4. Seluruh berkas yang sudah lengkap dan lolos secara administrasi dari calon mahasiswa dikembalikan pada yang bersangkutan untuk diajukan sebagai syarat daftar ulang
  5. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran pada Biro Administrasi Keuangan (BAK) IKIP PGRI Jember dan memperoleh kwitansi pembayaran pendaftaran
  6. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran
  7. Kegiatan dilanjutkan pada proses pendaftaran registrasi on line di Bank yang ditunjuk (BTN atau Bank Mandiri)

 

5. Pendaftaran Mahasiswa Transfer atau Pindahan (JMTP)

Syarat Jalur Mahasiswa Transfer atau Pindahan (JMTP):

  1. Legalisir Ijasah dan transkrip dari program D1, D2, D3 masing – masing 1 lembar (transfer)
  2. Surat keterangan pindah dan transkrip nilai (KHS) dari PT asal masing – masing 1 lembar (pindahan)
  3. Lolos verifikasi data mahasiswa dari PT asal di laman PD DIKTI (pindahan)
  4. Pas Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  5. Softcopy foto berwarna 3 x 4 (dalam bentuk CD)
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran
  7. Membayar biaya konversi Rp. 100.000/SKS
  8. Membayar biaya pendaftaran Rp. 250.000

Penerimaan mahasiswa baru dengan Jalur Mahasiswa Transfer atau Pindahan (JMTP) memiliki prosedur sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa mendaftar pada bagian pendaftaran dengan melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan jalur yang dipilih (lihat pada bagian Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru IKIP PGRI Jember)
  2. Bagian pendaftaran melakukan cek terhadap berkas calon mahasiswa sesuai dengan syarat pada jalur yang dipilih meliputi cek identitas mahasiswa pada Forlap Dikti dan melakukan Konversi Mata Kuliah. Pengecekan identitas pada Forlap Dikti dilakukan di BAAK. Konversi mata kuliah dilakukan pada Ketua Program Studi.
  3. Setelah dinyatakan berkas sesuai oleh BAAK dan info konversi telah diperoleh dari Ketua Program Studi, Bagian Pendaftaran mengecek kelengkapan administrasi berdasarkan syarat jalur, kemudian mengambil keputusan. Apabila berkas calon mahasiswa lengkap maka bagian pendaftaran memberikan nomer pendaftaran, formulir pendaftaran dan Formulir daftar ulang. Apabila belum lengkap, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi.
  4. Seluruh berkas yang sudah lengkap dan lolos secara administrasi dari calon mahasiswa dikembalikan pada yang bersangkutan untuk diajukan sebagai syarat daftar ulang
  5. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran pada Biro Administrasi Keuangan (BAK) IKIP PGRI Jember dan memperoleh kwitansi pembayaran pendaftaran
  6. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran
  7. Kegiatan dilanjutkan pada proses seleksi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *