Bidang Kegiatan: Pelatihan Pembuatan Media dan Permainan Drama Kreatif (Cooking Class) Dalam Rangka Meningkatkan Kreativitas Bagi Guru PAUD dan TK di Kabupaten Lumajang
Bakat kreatif pada setiap anak perlu dikenali, dipupuk, dan dikembangkan melalui stimulasi yang tepat agar kreativitas anak dapat terwujud. Ekspresi tertinggi dari keterbakatan adalah kreativitas yang ditampilkan oleh individu. Potensi kreatif yang terdapat dalam diri setiap individu dapat diobservasi saat anak melakukan kegiatan bermain, karena bermain adalah dunia anak dan umumnya terjadi secara alamiah. Melalui kegiatan bermain, anak mampu mengembangkan potensi yang tersembunyi di dalam dirinya secara aman, nyaman dan menyenangkan.
Kegiatan bermain kreatif dapat diklasifikasikan ke dalam lima jenis permainan, yaitu: object creation, continueing story, creative questioning, creative movement, dan creative dramatic play yang dihubungkan dengan kegiatan bermain dan atau produk/ karya anak yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Dalam pelatihan ini kegiatan bermain kreatif yang akan dilakukan terkait dengan kreativitas dan keterampilan motorik halus anak yaitu permainan drama kreatif (cooking class).
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas dari Ketua LPPM IKIP PGRI JEMBER Nomor: 207/PT.007/LPPM/B.3/XI/2016. Menindaklanjuti undangan sebagai pemateri pada tanggal 10 November 2016 dari Kepala TK Dharma Wanita Tompokersan 02, Kabupaten Lumajang. Bertempat di Ruang Aula TK Dharma Wanita Tompokersan 02, Kabupaten Lumajang dilaksanakan pada hari Minggu, 20 November 2016 pukul 08.00-12.00 WIB. Dengan jumlah peserta sebanyak 27 guru KB dan TK di Kabupaten Lumajang.
Dari kegiatan pelatihan yang telah dilakukan, dapat diketahui hasil pelatihan tersebut berdasarkan observasi pada saat kegiatan berlangsung. Observasi yang dilakukan oleh pelaksana adalah jenis observasi partisipasi, observasi sistematis yang didasarkan pada tujuan pelatihan, dan observasi eksperimental yang menitikberatkan pada ketidaktahuan subjek atas adanya observasi oleh observer. Hasil kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.
- Meningkatnya wawasan peserta (guru-guru TK)terkait ragam kegiatan bermain kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan kecerdasan jamak anak usia 5-6 tahun
- Peserta dapat menciptakan kegiatan yang menarik dan bermakna bagi anak selama berada di kelas yang berdasarkan pada pengalaman langsung (learning by doing).
- Adanya peningkatan kreativitas peserta (guru-guru TK) dalam membuat menu sarapan yang sehat dan bergizi (cooking class) untuk anak.
- Adanya keinginan untuk menerapkan hasil dari pelatihan ini di lembaganya masing-masing dengan harapan akan membuat anak lebih tertarik dan bergairah dalam mengikuti setiap kegiatan sehari-harinya.
Berdasarkan hasil kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana dengan baik dan setiap tujuan yang diinginkan tercapai.
Lampiran Dokumentasi

Foto 1. Peserta Pelatihan membuat dan menghias alas makan dari bahan yang telah disediakan

Foto 2. Masing-masing peserta Pelatihan membuat alas makan dan menghias roti tawar serta bahan makanan sesuai dengan kreativitas masing-masing

Foto 3. Setelah alas makan selesai, selanjutnya peserta Pelatihan menghias roti tawar dengan bahan-bahan yang disediakan sesuai dengan bentuk dan kreasinya

Foto 4. Peserta Pelatihan telah menyelesaikan pekerjaan mereka dan bersiap mempresentasikan hasilnya di depan kelas

Foto 5. Salah satu peserta Pelatihan mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas (secara bergantian)

Foto 6. Dengan bahan yang sama, kreasi yang dihasilkan akan berbeda-beda sesuai dengan kreativitas masing-masing individu

Foto 7. Serangkaian kegiatan selesai dilakukan dan peserta Pelatihan menyelesaikan 3 kegiatan bermain drama kreatif dengan lancar

Foto 8. Pemateri bersama sebagian peserta Pelatihan dan hasil pekerjaannya setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan dan praktik