Penyuluhan Bimbingan Teknis

Bidang Kegiatan: Penyuluhan Bimbingan Teknis Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Guru Non S1 PG PAUD di Desa Ledokombo Kabupaten Jember

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, sehingga diperlukan stimulasi yang tepat agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Pemberian stimulasi tersebut melalui lingkungan keluarga, PAUD jalur non formal seperti tempat penitipan anak (TPA) atau kelompok bermain (KB) dan PAUD jalur formal seperti TK dan RA. Pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal, nonformal dan informal. Pendidikan anak usia dini jalur formal berbentuk taman kanak-kanak (TK) dan Raudatul Athfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat. 

Bimbingan Teknis adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang biasanya berupa tuntunan dan nasehat untuk menyelesaikan persoalan/masalah yang bersifat teknis.  Bimbingan Teknis merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun institusi tertentu. Sehingga dengan mengikuti Bimbingan Teknis diharapkan setiap individu maupun institusi tertentu, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja.

Tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis ini untuk menambah wawasan keilmuan tentang kepaudan, memberikan solusi atas segala permasalahan terkait pembelajaran di kelas bagi Guru Non S1 PG PAUD khususnya di Desa Ledokombo Kabupaten Jember. Pentingnya linieritas keilmuan bagi seorang guru juga merupakan topik yang diangkat dalam kegiatan ini serta menambah keterampilan dengan pembuatan APE terbaru bagi AUD.

Lampiran Dokumentasi

Foto 1. Tempat kegiatan pelaksanaan penyuluhan di Balai Desa Ledokombo

Foto 2. Dosen IKIP PGRI Jember Prodi PG PAUD bersama panitia penyelenggara

Foto 3. Antusiasme peserta penyuluhan yang berasal dari Guru Non S1 PAUD

Foto 4. Peserta kegiatan mendengarkan materi dari masing-masing Dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *