Pelatihan Pembuatan Proposal

Bidang Kegiatan: Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Serta Kualitas Riset bagi Guru PAUD di Kecamatan Tegalsari Kabupaten Lumajang

Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dari classroom action research (CAR), yaitu satu action research yang dilakukan di kelas. Classroom action research diawali dari istilah action research. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk peneli- tian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktik yang dilakukan sendiri. Dengan demikian, akan diperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai praktik dan situasi di mana praktik tersebut dilaksanakan. Terdapat dua hal pokok dalam penelitian tindakan yaitu perbaikan dan keterlibatan. Hal ini akan mengarahkan tujuan penelitian tindakan ke dalam tiga area yaitu; (1) untuk memperbaiki praktik; (2) untuk pengembangan profesional dalam arti meningkatkan pemahaman para praktisi terhadap praktik yang dilaksanakannya; serta (3) untuk memperbaiki keadaan atau situasi di mana praktik tersebut dilaksanakan.

Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan melalui tindakan yang akan dilakukan. PTK juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya. Tujuan khusus PTK adalah untuk mengatasi berbagai persoalan nyata guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. 

Melakukan penelitian, dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran yang telah diterapkan selama proses pembelajaran yang telah dilaksanakan agar menjadi lebih mutakhir dan optimal. Guru akan selalu menghadapi karakteristik dan kemampuan anak yang berbeda-beda di sepanjang tahun. Jadi, ketika guru melakukan penelitian di kelasnya sendiri.  Sehingga, akan menghasilkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Penelitian tindakan kelas dapat dikatakan pula sebagai kebutuhan seorang guru kelas untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Untuk peningkatan profesionalisme guru. Sebagai seorang guru perlu mencoba untuk mengubah, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajarnya.

Lampiran Dokumentasi

Foto 1. Dosen pemateri bersama peserta pelatihan di Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi

Foto 2. Selepas kegiatan pelatihan pembuatan proposal

Foto 3. Selain diisi kegiatan akademis, pemateri juga disuguhi makanan khas Banyuwangi oleh peserta secara mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *